Pastikan Pelayanan Publik Prima, Kementan Gelar Sosialisasi SKM dan FKP
Jakarta, 12/8/2025 — Kementerian Pertanian menggelar sosialisasi kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Forum Konsultasi Publik sebagai langkah partisipatif dan responsif dalam pelayanan publik prima di lingkup Kementerian Pertanian. Kegiatan ini bertujuan memastikan pelaksanaan SKM dan FKP yang berkualitas sehingga menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang akurat, serta dapat ditindaklanjuti untuk memberikan dampak nyata bagi masyarakat.
Acara dilaksanakan secara hybrid, yaitu luring di Ruang Rapat Gedung A, Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, dan daring khusus bagi Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT)/Unit Pelayanan Publik di lingkup Kementerian Pertanian.
Balai Penerapan Modernisasi Pertanian (BRMP) Banten turut hadir secara daring, diwakili oleh Ketua Tim Kerja Layanan Kerjasama dan Diseminasi Modernisasi Pertanian ST. Rukmini, S.P., M.Si., beserta tim, serta Tim Kerja Program, Evaluasi, dan Penerapan Modernisasi Pertanian. Kehadiran BRMP Banten menjadi bagian dari komitmen mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik dan memastikan implementasi SKM dan FKP berjalan optimal di tingkat unit pelaksana teknis.
Forum ini menghadirkan pejabat dan pegawai yang kompeten di bidang pelayanan publik yang diharapkan mampu memberikan masukan serta solusi atas tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pelayanan. Melalui forum ini, masyarakat dan pengguna layanan diberi ruang untuk menyampaikan feedback dan masukan konstruktif demi perbaikan berkelanjutan.
Kementerian Pertanian menegaskan bahwa pelaksanaan SKM dan Forum Konsultasi Publik bukan hanya sekadar memenuhi kewajiban regulasi, tetapi menjadi sarana membangun pelayanan publik yang lebih adaptif, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
Berdasarkan sosialisasi, terjadi perubahan komponen SKM yang sebelumnya terdiri dari 9 unsur dengan 9 pertanyaan menjadi 9 unsur dengan 16 pertanyaan. Selanjutnya, melalui forum ini, UK/UPT diharapkan segera dapat melaksanakan FKP dengan mengambil tema yang didasarkan pada "Refleksi Pelaksanaan SKM dan FKP Tahun Sebelumnya : Instansi Pemerintah Yang Lebih Partisipatif"
Dengan adanya evaluasi dan masukan langsung dari pengguna layanan, diharapkan setiap unit kerja dapat meningkatkan kinerja dan kualitas layanannya, sehingga berdampak nyata bagi sektor pertanian dan kesejahteraan masyarakat.